Mobile Arena VS Mobile Legends, mana yang lebih digemari?

26

Bagusan mana? Mobile Arena atau Mobile Legends?

Mobile Arena VS Mobile Legends – Yuhuuu ketemu admin wkwkwk land lagi hahaha. Sekarang admin akan membahas tentang Mobile Arena VS Mobile Legends yang lagi rame dan hits di kalangan gamers android.

 

Langsung saja yuk…

Mobile Arena - Perbedaan Mobile Arena dengan Mobile Legends

Source: https://www.youtube.com/watch?v=dhs0aRdLpWs

Bagi pecinta game MOBA, sekarang kita kedatangan game baru yaitu Mobile Arena atau yang sekarang berubah nama menjadi Arena of Valor (AOV). Mobile Arena / Arena of Valor ini dikembangkan oleh Tencent dan diterbitkan oleh Garena di Indonesia.

Dengan dirilisnya Mobile Arena (AOV), seperti apa nasib dari Mobile Legends?

Baca juga:

Mungkin sebagian dari kita yang sudah bermain Mobile Legends mungkin akan langsung terjun kelapangan buat mainin game MOBA terbaru besutan Garena ini secara langsung untuk membandingkan dan memutuskan apakah akan lanjut bermain ML (mobile legends) atau Move On ke Arena of Valor.

Oleh karena itu, mumpung masih hot, berikut ini admin wkwkwkwkwk land telah membuat beberapa point perbedaan antara Mobile Arena vs Mobile Legends untuk memberikan suara mana game yang enak buat dimainin.

Berikut adalah point-point Perbedaan Mobile Legends vs Arena of Valor versi Alvamagz

 

Map / Peta Arena of Valor vs Mobile Legends

Mobile Arena Map - Perbedaan Mobile Arena dengan Mobile Legends

Source: https://mobileague.id/moba-mobile-arena-dari-garena/

Gamers tahu sendiri bukan? Hampir semua map/peta pada game MOBA, lokasi dan bentuk nya ya gitu-gitu aja, hampir sama semua.

Yang mana masing-masing tim memiliki satu bangunan inti yang mesti dilindungi, dan bila bangunan inti tersebut hancur maka tim tersebut akan kalah.

Bangunan inti-nya sendiri dilindungi oleh 9 tower yang masing-masing posisinya: tiga di atas, tiga di tengah, dan tiga di bawah.

Letak lokasi jungle creep ini yang sangat berbeda. Untuk Mobile Legends, ada tiga jenis jungle creep: creep biasa, creep yang memiliki buff  dan ancient (Lord dan Turtle).

Jungle creep di Mobile Arena (Arena of Valor) lebih banyak dengan empat jenis: creep biasa, creep yang memiliki buff, dua dragon, dan dua ancient.

Dragon sendiri sama seperti creep yang memiliki buff, namun buff yang diperoleh bila berhasil membunuhnya lebih kuat dari creep biasa yang memiliki buff yaitu berupa regen HP.

 

Grafis Mobile Legends vs Arena of Valor

Mobile Arena Graphic - Perbedaan Mobile Arena dengan Mobile Legends

Source: https://www.youtube.com/watch?v=BCcsbfb1eD4

Untuk segi Grafis kamu perlu memastikan smartphone yang kamu gunakan sudah mumpuni atau belum untuk memainkan game ini. Spesifikasi minimum yang dibutuhkan hanya kapasitas RAM 1 GB saja untuk memainkan Mobile Arena ataupun Mobile Legends.

Sebenarnya kedua game ini mengusung gaya berbeda dengan Mobile Legends yang mengadaptasi gaya cell shading dan  MOBA mengadaptasi gaya 3D.

Setelah mencoba memainkan kedua game ini, saya merasa kalau Mobile Legends lebih baik dari Mobile Arena karena lebih ringan, sederhana dan ramah tentunya sehingga rasanya pas banget di mainin di hp saya.

Berbeda dengan kualitas grafis Mobile Arena yang memukau dengan tampilan 3D namun terasa kurang di respon hero yang lambat dan terasa berat.

Hal tersebut juga berpengaruh pada koneksi yang dapat membuat Ping jadi lebih besar (merah).

 

Arcana dan Emblem

Mobile Arena Arcana - Perbedaan Mobile Arena dengan Mobile Legends

Source: http://www.holis.my.id/2017/06/mobile-arena-garena-mod-apk-unlimited.html

ML maupun MA yang lagi rame akhir2 ini, sama-sama memiliki sistem tambahan yang dapat membantu kamu mengatur strategi agar lebih bervariasi dan lebih baik lagi tentunya dalam memainkan game tersebut.

Seperti hanya Mobile Legends dengan sistem “Emblem” untuk hero dan Mobile Arena dengan sistem “Arcana” pada hero, yang masing-masing memiliki fungsi untuk memberikan Buff atau efek tambahan ketika bermain nantinya.

Emblem pada Mobile Legends, kamu nantinya akan mendapatkan efek tergantung dari pilihan yang tersedia.

Contohnya saja kamu ingin menggunakan physical emblem, maka kamu akan mendapatkan tambahan kekuatan di Physical Attack, Armor, Critical Strike Chance, HP, dan Attack Speed.

Arcana pada Mobile Legends lebih kompleks, yang nantinya kamu bisa memilih apakah mau menaikkan HP, physical attack atau armor saja.

Namun, kamu hanya bisa menaikkan salah satu tanpa bisa mendapatkan efeknya secara bersamaan.

Dengan begitu lakukan kombinasi arcana agar heromu labih tangguh ketika digunakan bermain nantinya.

 

Gaya Permainan Mobile Arena VS Mobile Legends

Mobile Arena Gameplay - Perbedaan Mobile Arena dengan Mobile Legends

Source: https://www.youtube.com/watch?v=QJo1vt6IISw

Sebagai Moba yang mirip Dota 2, gaya permainan kedua game menawarkan konsep permainan serupa yaitu 5 vs 5, dengan tambahan mode 3 vs 3, dan 1 vs 1 pada Arena of Valor dengan tempo yang berbeda.

Demen main Dota 2? Cek artikel ini gan, sapa tau ente tertarik!

Untuk tempo di Mobile Legends lebih mengedepankan permainan sederhana dengan tempo cepat.

Bagi pemain Mobile Legends, kamu pasti dapat merasakan damage dari skill yang besar untuk membunuh hero dengan mudah di awal permainan yang menjadikan siapapun yang mendapatkan first blood di awal permainan akan mendominasi permainan nantinya.

Hal ini berbeda dengan Arena of Valor yang menawarkan permainan yang lebih kompleks dengan map lebih luas dan tempo yang lebih lama.

Hal ini karena dengan damage skill dan item yang kamu miliki di awal permainan kamu akan tetap kesulitan untuk membunuh hero lawan dengan kekuatanmu sendiri, sehingga kamu memerlukan kerja sama tim untuk mencari buff dari creep hutan atau membunuh hero lawan.

 

Jadi bagaimana menurutmu? kalau menurut admin wkwkwk land ini, kedua game diatas sama2 seru kok.

Semua balik tergantung pilihan kita mau tempo cepat atau lambat atau tergantung juga pada spesifikasi smartphone kita juga sih agar pengalaman ketika bermain akan lebih baik kalau game yang dimainkan sesuai.

Video Arena of Valor

Link Download Arena of Valor: Arena of Valor Android | Arena of Valor iOS

Featured Image Source: Youtube

 

Vote *5 Jika Kamu Suka Artikel Ini!

0%
0%
Awesome
  • User Ratings (5 Votes)
    6.3
Share.

About Author

26 Comments

  1. wah klo ane lebih milih Mobile Arena, secara dari segi game jauh lebih seru dan ga pay to win kaya ML.
    Lagian ML lagi kena gugat sama Mobile Arena gara2 kasus plagiat

    • Wah jadi ente juga salah satu player yg migrasi dari ML ke MA yaa gan? Sukses di MA yaa gan hehe…eh iya itu ML lg kena kasus. Dan si MA ganti nama jadi Arena Of Valor itu gegara kasus ini juga bukan? Cmiiw…

      • Kayanya ganti nama ke AOV ga cuma karena itu aja emang brand globalnya dibuat jadi sama. tapi terlepas dari nama dan plagiat, secara game emang lbh seru AOV ya gmana ya

  2. Klo sy awal” suka ML tp skrg lbih pilih AoV krn ML lag bnget stelah d update pdhl udh 4G sdngkan AoV meskipun sdikit berat di memori tp gk ada lag sm sekali

  3. Gua main dua duanya sih, walaupun ML yang paling sering gua mainin. Gua suka bingung sama orang yang suka bilang “lag” padahal gua gak pernah ngelag sama sekali, bukan cuma gua doang, temen temen gua juga, kalaupun ngelag itu juga karena HP gua dah kelebihan memori

  4. Ah!gua mah lebih milih main AOV!soalnya aov juga lag cuma gara² jaringan paling.Dan prnah juga gua maen ML kayaknya biasa aja dh.sama kaya AOV,tpi gua lbih milih main AOV!Thnks#shinzouwosasageyo

  5. Gua tadinya maen tuh game AOV & ML, tapi lagi nyoba vainglory sekarang wkwkwk, menurut gua sih kalo disuruh milih lebih suka yg mana itu kan gk semua orang sama, pasti beda pendapat & selera, jadi jangan saling ngomongin antar game moba lah, klo game itu plagiat klo game ini plagiat, damai aja bro, yg penting kan happy

  6. Kelebihan:
    MLBB (Enteng, menu simpel, hero banyak, up to date, hero baru tiap 3 minggu, msc turnamen)
    AOV (Grafis HD, koneksi lumayan stabil, server lokal, esl-turnamen, dapet 7m katanya, hero gratis)

    Kekurangan:
    MLBB (grafis masih standar, map sempit, minion/creep/turret damage tdk masuk akal, sering lag walopun internet stabil terutama setelah update patch, skin berbayar menambah atribut)
    AOV (berat saat akses menu, server lokal, hero tidak balance, terlalu banyak hero stunner, menu terkesan ribet, MAP TERLIHAT GELAP, tombol skill kurang responsif, banyak makan memori, sering lag saat gank, server hanya lokal saja)

    Itu menurut pendapat saya.

  7. yng paling terasa di ML itu soal koneksi ,sesaat jaringan stabil ntar tiba² di tngah battle down ke 3g ,ping naek ke 200 an duhh ‘:v , engine game jga kurang optimized , setelan grafis rata kanan pake shadow cuma dapet 20 fps an

    AOV like di engine gamenya ,grafis high pke shadow ,HH kgk lag sama skali ,koneksi jga stabil ,minusnya hero bnyak yang imba ,manage in game nya jga rada kacau ,masa loading belom kelar udah ditinggal battle ,udah gitu dianggap AFK :’v

    kalo ane sendiri justru keep di VG ,soal kompleksitas jga udah ada bukti ,masuk divisi eSport ,tim² nya yang maen jga gk sembrangan ,ada tim solomid ,koneksi stabil bat ,grafis HD tapi ringan ,ntar desember ktanya juga mau dibikin 3 lane ,tinggal tunggu aja apakabar sama 2 game diatas ,cuma satu aja minus bagi yang gak suka ama game² durasi lama ,VG kgk fast paced battle kek 2 game diatas ,yng tau dota ,vg kek dota versi mobile ,build dari 0 ampe late game biasanya ane maen 30 menit an keatas ,lama bat ,musti sabar jadinya

  8. kayak anak kecil aja bagus ini bagus itu
    intinya kalau main moba kalo kalah jangan bacot
    semua game bagus tergantung kita bisa main atau kagak
    gitu aja kok repot

Tinggalkan Komentarmu Disini!