Mobile Arena VS Mobile Legends, mana yang lebih digemari?

8

Bagusan mana? Mobile Arena atau Mobile Legends?

Mobile Arena VS Mobile Legends – Yuhuuu ketemu admin wkwkwk land lagi hahaha. Sekarang admin akan membahas tentang Mobile Arena VS Mobile Legends yang lagi rame dan hits di kalangan gamers android.

 

Langsung saja yuk…

Mobile Arena - Perbedaan Mobile Arena dengan Mobile Legends

Source: https://www.youtube.com/watch?v=dhs0aRdLpWs

Bagi pecinta game MOBA, sekarang kita kedatangan game baru yaitu Mobile Arena. Yap, Mobile Arena sendiri dikembangkan oleh Tencent dan diterbitkan oleh Garena di Indonesia.

Dengan dirilisnya Mobile Arena, seperti apa nasib dari Mobile Legends?

Baca juga:

Mungkin sebagian dari kita yang sudah bermain Mobile Legends mungkin akan langsung terjun kelapangan buat mainin game MOBA terbaru besutan Garena ini secara langsung untuk membandingkan dan memutuskan apakah akan lanjut bermain ML (mobile legends) atau Move On ke Mobile Arena.

Oleh karena itu, mumpung masih hot, berikut ini admin wkwkwkwkwk land telah membuat beberapa point perbedaan antara Mobile Arena vs Mobile Legends untuk memberikan suara mana game yang enak buat dimainin.

Berikut adalah point-point Perbedaan Mobile Legends vs Mobile Arena versi Alvamagz

 

Map / Peta Mobile Arena vs Mobile Legends

Mobile Arena Map - Perbedaan Mobile Arena dengan Mobile Legends

Source: https://mobileague.id/moba-mobile-arena-dari-garena/

Gamers tahu sendiri bukan? Hampir semua map/peta pada game MOBA, lokasi dan bentuk nya ya gitu-gitu aja, hampir sama semua.

Yang mana masing-masing tim memiliki satu bangunan inti yang mesti dilindungi, dan bila bangunan inti tersebut hancur maka tim tersebut akan kalah.

Bangunan inti-nya sendiri dilindungi oleh 9 tower yang masing-masing posisinya: tiga di atas, tiga di tengah, dan tiga di bawah.

Letak lokasi jungle creep ini yang sangat berbeda. Untuk Mobile Legends, ada tiga jenis jungle creep: creep biasa, creep yang memiliki buff  dan ancient (Lord dan Turtle).

Jungle creep di Mobile Arena lebih banyak dengan empat jenis: creep biasa, creep yang memiliki buff, dua dragon, dan dua ancient.

Dragon sendiri sama seperti creep yang memiliki buff, namun buff yang diperoleh bila berhasil membunuhnya lebih kuat dari creep biasa yang memiliki buff yaitu berupa regen HP.

 

Grafis Mobile Legends vs Mobile Arena

Mobile Arena Graphic - Perbedaan Mobile Arena dengan Mobile Legends

Source: https://www.youtube.com/watch?v=BCcsbfb1eD4

Untuk segi Grafis kamu perlu memastikan smartphone yang kamu gunakan sudah mumpuni atau belum untuk memainkan game ini. Spesifikasi minimum yang dibutuhkan hanya kapasitas RAM 1 GB saja untuk memainkan Mobile Arena ataupun Mobile Legends.

Sebenarnya kedua game ini mengusung gaya berbeda dengan Mobile Legends yang mengadaptasi gaya cell shading dan  MOBA mengadaptasi gaya 3D.

Setelah mencoba memainkan kedua game ini, saya merasa kalau Mobile Legends lebih baik dari Mobile Arena karena lebih ringan, sederhana dan ramah tentunya sehingga rasanya pas banget di mainin di hp saya.

Berbeda dengan kualitas grafis Mobile Arena yang memukau dengan tampilan 3D namun terasa kurang di respon hero yang lambat dan terasa berat.

Hal tersebut juga berpengaruh pada koneksi yang dapat membuat Ping jadi lebih besar (merah).

 

Arcana dan Emblem

Mobile Arena Arcana - Perbedaan Mobile Arena dengan Mobile Legends

Source: http://www.holis.my.id/2017/06/mobile-arena-garena-mod-apk-unlimited.html

ML maupun MA yang lagi rame akhir2 ini, sama-sama memiliki sistem tambahan yang dapat membantu kamu mengatur strategi agar lebih bervariasi dan lebih baik lagi tentunya dalam memainkan game tersebut.

Seperti hanya Mobile Legends dengan sistem “Emblem” untuk hero dan Mobile Arena dengan sistem “Arcana” pada hero, yang masing-masing memiliki fungsi untuk memberikan Buff atau efek tambahan ketika bermain nantinya.

Emblem pada Mobile Legends, kamu nantinya akan mendapatkan efek tergantung dari pilihan yang tersedia.

Contohnya saja kamu ingin menggunakan physical emblem, maka kamu akan mendapatkan tambahan kekuatan di Physical Attack, Armor, Critical Strike Chance, HP, dan Attack Speed.

Arcana pada Mobile Legends lebih kompleks, yang nantinya kamu bisa memilih apakah mau menaikkan HP, physical attack atau armor saja.

Namun, kamu hanya bisa menaikkan salah satu tanpa bisa mendapatkan efeknya secara bersamaan.

Dengan begitu lakukan kombinasi arcana agar heromu labih tangguh ketika digunakan bermain nantinya.

 

Gaya Permainan Mobile Arena VS Mobile Legends

Mobile Arena Gameplay - Perbedaan Mobile Arena dengan Mobile Legends

Source: https://www.youtube.com/watch?v=QJo1vt6IISw

Untuk gaya permainan kedua game menawarkan konsep permainan serupa yaitu 5 vs 5, dengan tambahan mode 3 vs 3, dan 1 vs 1 pada Mobile Arena dengan tempo yang berbeda.

Untuk tempo di Mobile Legends lebih mengedepankan permainan sederhana dengan tempo cepat.

Bagi pemain Mobile Legends, kamu pasti dapat merasakan damage dari skill yang besar untuk membunuh hero dengan mudah di awal permainan yang menjadikan siapapun yang mendapatkan first blood di awal permainan akan mendominasi permainan nantinya.

Sedangkan berbeda dengan Mobile Arena yang menawarkan permainan yang lebih kompleks dengan map lebih luas dan tempo yang lebih lama.

Hal ini karena dengan damage skill dan item yang kamu miliki di awal permainan kamu akan tetap kesulitan untuk membunuh hero lawan dengan kekuatanmu sendiri, sehingga kamu memerlukan kerja sama tim untuk mencari buff dari creep hutan atau membunuh hero lawan.

 

Jadi bagaimana menurutmu? kalau menurut admin wkwkwk land ini, kedua game diatas sama2 seru kok.

Semua balik tergantung pilihan kita mau tempo cepat atau lambat atau tergantung juga pada spesifikasi smartphone kita juga sih agar pengalaman ketika bermain akan lebih baik kalau game yang dimainkan sesuai.

Video Mobile Arena

Featured Image Source: Youtube

 

Vote *5 Jika Kamu Suka Artikel Ini!

0%
0%
Awesome
  • User Ratings (1 Votes)
    10
Share.

About Author

8 Comments

  1. wah klo ane lebih milih Mobile Arena, secara dari segi game jauh lebih seru dan ga pay to win kaya ML.
    Lagian ML lagi kena gugat sama Mobile Arena gara2 kasus plagiat

    • Wah jadi ente juga salah satu player yg migrasi dari ML ke MA yaa gan? Sukses di MA yaa gan hehe…eh iya itu ML lg kena kasus. Dan si MA ganti nama jadi Arena Of Valor itu gegara kasus ini juga bukan? Cmiiw…

      • Kayanya ganti nama ke AOV ga cuma karena itu aja emang brand globalnya dibuat jadi sama. tapi terlepas dari nama dan plagiat, secara game emang lbh seru AOV ya gmana ya

Tinggalkan Komentarmu Disini!