Kekurangan Nintendo Switch, Console Nintendo Terbaru

0

Kekurangan Nintendo Switch yang Baru Launching

Kekurangan Nintendo Switch – Nintendo baru saja meluncurkan produk konsol game terbarunya yang mereka sebut dengan nama Nintendo Switch. Perangkat ini memang memiliki beberapa keunggulan, terutama karena bisa dimainkan lewat perangkat televisi ataupun mobile. Hanya saja, ada beberapa kekurangan Nintendo Switch yang dirasakan langsung oleh para pemiliknya.

Kekurangan Nintendo Switch

Image Source: http://www.polygon.com/2017/3/29/15109166/nintendo-switch-data-transfer-lost-saves

Kekurangan yang dimiliki oleh Nintendo Switch ini pun terlihat cukup mengejutkan. Apalagi mengingat perangkat ini merupakan produk yang mutakhir. Berikut ini adalah beberapa nilai minus yang dikeluhkan oleh para pemilik konsol game terbaru dari Nintendo itu:

Kekurangan Nintendo Switch

Sistem penyimpanan

Kekurangan Nintendo Switch

Image Source: http://www.shacknews.com/article/98546/nintendo-switch-has-a-720p-screen-32-gb-of-storage-and-expandable-storage-via-microsdxc-cards

Hal pertama yang tidak mengenakkan dari konsol game ini adalah keterbatasan dalam penyimpanan data permainan. Kamu tidak memiliki akses untuk menyimpan data permainan ke kartu memori. Pihak Nintendo hanya menyediakan sarana penyimpanan data permainan pada memori internal, yang berkapasitas cuma 32 GB.

Dengan kapasitasnya yang terbatas tersebut, kamu pun tidak bisa menggunakannya untuk menyimpan beragam data permainan. Imbasnya, pilihan game yang bisa kamu mainkan dalam satu waktu pun sangat terbatas. Kalau terlalu banyak menyimpan data permainan, mau tidak mau kamu harus menghapus beberapa di antaranya.

Kamu memang bisa menggunakan memori eksternal pada perangkat ini. Hanya saja, perangkat penyimpanan tambahan itu tidak bisa digunakan untuk menyimpan data permainan. Memori eksternal hanya bisa dipakai untuk menaruh berkas lain, di antaranya adalah update software ataupun downloadable content (DLC).

Kabarnya, pihak Nintendo tengah menyiapkan layanan berbasis awan sebagai sarana penyimpanan data permainan. Hanya saja, layanan tersebut masih belum secara resmi diperkenalkan oleh Nintendo. Kalau layanan itu ada, maka permasalahan penyimpanan pun bakal teratasi. Hanya saja, kemungkinan besar akan ada biaya tambahan yang harus dibayarkan secara berkala.

Kekurangan Nintendo Switch

Pilihan game masih minim

Kekurangan Nintendo Switch

Image Source: http://www.tweaktown.com/news/55983/nintendo-switch-games-lineup-visual-guide/index.html

Nintendo Switch merupakan konsol game dengan sistem baru. Berbeda dengan Nintendo Wii, NDS, ataupun produk Nintendo lainnya. Oleh karena itu, jumlah game yang tersedia untuk perangkat ini juga masih sangat terbatas. Bahkan, pada awal peluncurannya, pihak Nintendo hanya menyediakan 10 game.

Di Indonesia, perangkat ini dijual sepaket dengan game Legend of Zelda: Breath of The Wild. Hanya saja, karena penjualan secara paketan tersebut, harga konsol game Switch jauh lebih mahal. Di luar negeri, Switch dijual dengan banderol US$299 atau setara Rp3,9 juta. Di tanah air, harganya melambung menjadi sekitar Rp6 juta. Dengan harga tersebut, kamu pun hanya memperoleh satu jenis game yang bisa dimainkan.

Pihak Nintendo pun berjanji bakal menyediakan lebih banyak game untuk para pengguna Switch. Hanya saja, kehadiran gamegame baru tersebut masih harus menunggu. Kamu pun harus bersabar untuk bisa memainkan gamegame baru itu.

Kekurangan Nintendo Switch

Bukan perangkat multiguna

Kekurangan Nintendo Switch

Image Source: https://blogs.nvidia.com/blog/2016/10/20/nintendo-switch/

Nintendo Switch memang perangkat konsol game hibrida yang memberi keleluasaan dalam bermain game. Hanya saja, perangkat ini bukanlah peranti multi guna. Jangan harap untuk menggunakan Switch selayaknya seperti sebuah tablet Android. Berbeda dengan PS Vita ataupun PSP.

Kekurangan Nintendo Switch

Controller Joycon yang sering bermasalah

Kekurangan Nintendo Switch

Image Source: http://www.theverge.com/circuitbreaker/2017/1/12/14260812/nintendo-switch-joy-con-controller-new-features

Berdasarkan beberapa review Nintendo Switch yang ada di internet, keluhan mengenai controller Joycon juga muncul. Beberapa pengguna mengungkapkan kalau Joycon tersebut susah terhubung dengan konsol. Permasalahan ini pun masih belum bisa diselesaikan, meski mereka telah melakukan pembaruan sistem sekalipun.

Tidak hanya itu, dalam sebuah video yang diunggah ke YouTube oleh CrowbCat, terungkap ada beberapa pengguna Switch yang kesulitan untuk melepas pelindung pada Joycon. Beberapa orang di antaranya pun mengaku kalau kuku mereka sampai berdarah hanya gara-gara ingin melepas pelindung tersebut.

Kekurangan Nintendo Switch

Sistem yang mudah crash

Kekurangan Nintendo Switch

Image Source: http://ramge.ch/wiki/index.php?title=File:System_crash.jpg

Masih berdasarkan pada video YouTube dari CrowbCat, terungkap bahwa sistem yang dimiliki oleh konsol game terbaru dari Nintendo ini rawan crash. Dalam video tersebut terungkap beberapa momen yang memperlihatkan fenomena ini. Bahkan, salah satu di antaranya adalah dalam sebuah acara resmi yang melibatkan banyak orang.

Parahnya, sistem yang crash itu disertai dengan munculnya bunyi berisik dari konsol tersebut. Hal ini pun tentu saja sangat mengganggu. Apalagi, terkadang hal ini juga disertai dengan munculnya garis-garis pada layar sentuh konsol. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan kesalahan ini adalah mematikan konsol itu secara paksa.

Kekurangan Nintendo Switch

Layar yang mudah tergores

Kekurangan Nintendo Switch

Image Source: https://www.youtube.com/watch?v=8jZsqIgGtEo

Kekurangan Nintendo Switch berikutnya adalah pada desain luarnya. Para pengguna konsol ini mengeluhkan desain docking station yang terlihat murahan. Parahnya, docking station tersebut menyebabkan goresan pada layar konsol saat digunakan.

Para pemilik konsol Switch pun mengaku kalau goresan itu tidak ada sebelumnya. Goresan ini baru muncul saat mereka memakai menggunakan docking station tersebut untuk memainkan perangkat ini lewat televisi. Sebagai langkah preventif, mereka pun memberikan lapisan pelindung di bagian samping konsol agar tidak tergores saat dipasang di docking station.

Review Nintendo Switch ini pun bakal bisa menjadi pertimbangan saat kamu ingin membeli konsol tersebut. Meski tentu saja, keputusan sepenuhnya berada di tanganmu.

Video First Look Nintendo Switch

Featured Image Source: Youtube

Vote *5 Jika Kamu Suka Artikel Ini!

0%
0%
Awesome
  • User Ratings (1 Votes)
    8.2
Share.

About Author

Tinggalkan Komentarmu Disini!